Nusantara

Kondisi Memprihatinkan, Pedagang serta Pengunjung Pasar Buah dan Burung di Arjowinangun, Pacitan “Teriak”

Sejumlah pedagang serta pengunjung pasar buah dan burung di Arjowinangun, Pacitan, Jawa Timur mengeluhkan kondisi bangunan pasar.

Klik Today || Kondisi pasar buah dan burung di Arjowinangin, Pacitan, Jawa Timur memprihatinkan. Sejumlah bagian bangunan pasar seperti tiang, rangka atap, dan atap dinilai sudah membahayakan para pengunjung.

Kendati demikian, hingga kini pasar tersebut masih digunakan para pedagang burung maupun buah.

Kondisi bangunan pasar yang memprihatinkan tersebut, sejatinya sudah berlangsung lama. Diperkirakan lebih dari satu tahun, akan tetapi pengelola pasar terkesan tidak bergeming.

Sejumlah pedagang pun sudah melaporkan kondisi itu melalui mandor pasar. Namun, hingga kini belum ada langkah perbaikan.

Salah seorang pengunjung pasar, Untung menyampaikan keprihatinan. “Pedagang juga membayar pajak. La itu lo mas, kondisinya sangat membahayakan sebaiknya segera diperbaiki. Itu membahayakan dan mengancam keselamatan pengunjung dan pedagang, ” ujar Untung yang juga penghobi burung berkicau.

Bentuk keprihatinan itu juga disampaikan Sarmi, pedagang sayur. Ia merasa was-was melihat kondisi pasar. Apalagi jika musim hujan dan gempa, dinilai dapat membahayakan keselamatan pengunjung dan pedagang.

“Kalau sudah hujan, saya merasakan khawatir, karena selain atap bocor, bangunan berpotensi roboh sangat. Bisa dibayangkan bila terjadi gempa,” ungkap Sarmi prihatin.

Melihat kondisi tersebut, para pedagang burung berharap pemerintah daerah segera memperbaiki, tidak tinggal diam ketika mendapat laporan dari bawahaan atau masyarakat.

“Pasar itu sebagai tulang pungung perputaran ekonomi di daerah. Kalau dinas terkait hanya diam saja, maka dia tidak terkesan lari dari tanggung jawab,” pungkas Giarto. (sap)