Bupati Sukabumi Sadari Banyak Pengaduan dari Masyarakat Terhadap Instansi Pemerintah, Ini Pesannya
"Bupati mengajak seluruh perangkat daerah untuk selalu meningkatkan kualitas layanan"

Klik Today || Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyadari banyak pengaduan dari masyarakat terhadap instansi pemerintah.
Hal itu disebabkan kurangnya pengawasan yang prima, begitu Bupati Marwan mengatakan saat memimpin rapat dinas bulan September 2023 di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Senin (18/9/2023).
Bupati mengajak seluruh perangkat daerah untuk selalu meningkatkan kualitas layanan, dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengoptimalkan pelayanan publik semakin baik.
“Kerap terjadi pengaduan masyarakat terhadap instansi pemerintah, hal ini disebabkan kurangnya pengawasan yang prima, maka dari itu pimpinan perangkat daerah untuk aktif mengawasi para bawahannya agar tidak keluar dari sistem,” tegasnya.
Rapat dipandu Sekretaris Daerah Ade Suryaman, yang dihadiri juga seluruh pimpinan perangkat daerah se-Kabupaten Sukabumi.
Acara diawali dengan penyerahan penghargaan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Award 2022 dan 2023 dari Gubernur Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi sebagai peringkat kedua di tahun 2022 dan 2023.
Penghargaan diserahkan Sekda Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Marwan Hamami.
Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota tahun 2023, kategori penggunaan TTE terbanyak pada SANDIKAMI Awards 2023, diberikan Kepala Dinas Kominfosan kepada Bupati Sukabumi.
Lebih lanjut Bupati menyadari, banyak sekali pengaduan masyarakat yang dikeluhkan belakangan ini.
Hal tersebut harus dijadikan sebagai momen untuk melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap para pegawai untuk memberikan penjelasan serta klarifikasi layak atas keluhan dari masyarakat tersebut.
“Proses ini supaya Bapak-bapak dan Ibu-ibu paham, bagaimana pengawasan di tempat sekalian bekerja agar terus ditingkatkan dan melakukan pengawasan secara cermat,” ucapnya.
Bupati menegaskan, untuk mewujudkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang berkualitas dibutuhkan sinergi dan kolaborasi aktif.
Maka, seluruh perangkat daerah untuk bahu-membahu menjalankan roda pemerintah dengan kolaborasi pentahelix, agar kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik bisa tercapai.
“Bagaimana masyarakat kita mendapatkan pelayanan terbaik yang kita berikan, supaya kualitas kepuasan masyarakat dapat terpenuhi,” imbuhnya.
Bupati berharap, semoga dengan evaluasi ini kendala di lapangan bisa teratasi secara baik dalam rangka memberikan kepuasan pembangunan terhadap masyarakat di Kabupaten Sukabumi.
“Mari kita wujudkan kebersamaan ini untuk membangun kabupaten sukabumi yang semakin baik,” pungkasnya. (red)
Editor : Marthin Reinhard